Singkatan Posisi Pemain Sepak Bola, Perlu Diketahui

singkatan posisi pemain sepak bola

Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak diminati di dunia. Tidak hanya pria, kini banyak pula penggemar wanita yang aktif menonton dan mengikuti perkembangan dunia sepak bola baik di Indonesia maupun di kancah dunia. Terdapat banyak istilah yang digunakan untuk menyebutkan pemain dalam pertandingan sepak bola. Berikut singkatan posisi pemain sepak bola yang dapat menambah wawasan bagi para pecinta sepak bola Indonesia:

1. GK: Goal Keeper (Penjaga Gawang)

Singkatan posisi pemain sepak bola yang pertama ini bertugas untuk mengamankan gawang dari serangan lawan. Pemain ini merupakan satu-satunya yang diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang biasanya menggunakan kostum yang berbeda dengan pemain lainnya untuk membedakan. Saat ini banyak kiper yang tidak sekadar menjaga gawang, tetapi juga berperan mengatur pola permainan dari belakang serta memberi instruksi kepada pemain bertahan.

See also  Pemain Bola Dengan Hattrick Terbanyak Sepanjang Masa

2. CB: Centre Back (Bek tengah)

Posisi ini berada di belakang bagian tengah atau di depan penjaga gawang yang bertugas untuk menghalau serangan lawan yang berasal dari tengah. Pemain ini juga bertugas  membuang bola dari area penalti. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko pembobolan gawang oleh lawan.

3. RB: Right Back (Bek kanan) dan LB: Left Back (Bek kiri)

Posisi ini bertugas untuk mencegah serangan lawan dari bagian kanan dan kiri. Sama halnya dengan RB, LB juga bertugas mencegah serangan lawan, tetapi dari bagian kiri. Posisi ini dapat menyuplai bola untuk Gelandang dan Sayap dalam formasi tertentu.

4. DMF: Defense Midfielder (Gelandang bertahan)

Posisi ini menempati bagian tengah agak ke belakang. DMF juga dapat membantu bek apabila dibutuhkan. Tugas utamanya adalah merebut bola dengan tackle dari pemain lawan dan mendorong keluar hingga kembali mundur ke pertahannya sendiri. DMF juga menjadi pertahanan pertama dengan mencegah lawan hingga ke daerah pertahanan atau sebelum berhadapan dengan bek.

See also  Pencetak Gol Terbanyak Liga Spanyol

5. CMF: Centre Midfielder (Gelandang Tengah)

Posisi ini berada di tengah agak ke depan. Disebut juga dengan gelandang serang. CMF bertugas menggiring bola hingga ke depan. Posisi ini juga bertugas untuk membuat peluang dan mencegah serangan lawan ke daerah pertahanan. Perannya yang berada di tengah membuat CMF melihat bola dari kedua sisi dan mengontrol alur permainan.

6. RMF: Right Midfielder (Gelandang Kanan) dan LMF: Left Midfielder (Gelandang Kiri)

Posisi ini bertugas membantu pertahanan dan penyerangan dari posisi sayap kanan dan kiri. RMF dan LMF juga bertugas menciptakan umpan untuk sebuah gol. Posisi ini melakukan umpan lambung ke jantung perlawanan.

7. AMF/OMF: Attack/Offensive (Gelandang Serang)

Posisi ini disebut juga dengan playmaker. Tugasnya adalah mengontrol bola untuk dijadikan peluang emas. Posisi ini memiliki peran penting untuk memberikan umpan bola seakurat mungkin. ANF/OMF harus pandai mencari celah menembus pertahanan dan memberikan umpan agar dapat diteruskan penyerang menjadi tendangan ke arah gawang.

See also  Nama Pemain Sepak Bola Dunia dan Negara Asalnya

8. CF:  Center Forward (Penyerang Tengah Depan/ Target man)

Posisi ini dikenal dengan Striker ujung tombak pencetak gol. Tugasnya untuk menciptakan gol dari umpan rekan timnya. Selain itu, posisi ini juga bertugas untuk mengalihkan perhatian pertahanan lawan guna memberikan ruang kepada gelandang serang dan pemain sayap,

Itulah beberapa singkatan posisi pemain sepak bola yang digunakan secara umum. Semua posisi tersebut memiliki peran penting yang saling berkaitan dan bergantung satu sama lain. Pemilihan pemain untuk mengisi posisi-posisi tersebut ditentukan oleh kapasitas dan potensi setiap pemain. Mengingat sepak bola merupakan permainan yang sangat mengandalkan kerja sama tim, maka kolaborasi semua posisi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

About the author: Rapunzel Hiromi

Related Posts